Senin, 15 April 2013

Psikotes PT Paragon Technology and Innovation

Dua kali sudah saya mencoba untuk ikut seleksi di PT Paragon Technology and Innovation (perusahaan kosmetik lokal yang salah satu produknya adalah Wardah). Pertama ikut seleksi ketika melamar di UI Career days. Ketika itu saya tidak terlalu serius dalam mengerjakan karena saya anggap ini sebagai latihan sehubungan baru pertama kali ikut psikotes untuk seleksi kerja, jadi saya masih meraba-raba. Waktu itu juga saya belum punya persiapan apapun. Kedua ketika melamar di Job Expo Unpad akhir bulan Maret kemarin. Pada hari Senin, 1 April 2013 saya mendapatkan sms undangan untuk mengikuti psikotes awal. Kali ini saya datang dengan persiapan dan percaya diri untuk ikut seleksi kerja (bermodal pengalaman waktu tes di UI itu hehehhee).


Lokasi tes kali ini di Auditorium Gedung Magister Manajemen Unpad di jalan Dipati Ukur, Bandung. Saya bersama satu orang teman datang 15 menit lebih awal dari jam yang telah ditentukan. Sampai di lokasi sudah banyak yang menunggu, berhubung tempat duduk yang disediakan sudah penuh kami memutuskan untuk menunggu di luar gedung dan duduk di depan pos satpam. Disana kami bertemu dengan tiga orang teman lainnya. Tepat pukul 08.00 WIB kami dipersilahkan untuk masuk ke auditorium. Saya memilih duduk dibaris paling depan berhubung tempat yang lain sudah terisi hehhee. Pertama-tama pihak dari PT PTI memperkenalkan diri dan perusahaan, mulai dari bidang usaha yang dijalankan sampai pada penjelasan mengenai posisi yang ditawarkan dalam seleksi ini, kemudian ada sesi tanya jawab. Setelah beres, baru kami dipersilahkan untuk menyiapkan alat tulis karena akan segera dilaksanakan psikotes. Tes dimulai tepat pada jam 09.00 WIB. Soal tes berupa gambar berpola, hitungan sederhana dan deret. Setelah selesai mengerjakan soal-soal tersebut, kami diberi kesempatan untuk ke toilet karena untuk tes selanjutnya kami tidak diperbolehkan untuk ke toilet. Tes selanjutnya adalah tes Paulin. Sebelum mengerjakan hitung-hitungan itu, saya jadi teringat waktu tes PTI di UI. Waktu itu saya belum pernah sama sekali mengerjakan tes hitung Paulin dan saya mengerjakannya dengan tidak benar hehehe. Setelah tes Paulin selesai, kami dipersilhkan untuk pulang dan pemberitahuan yang lolos ke tahap selanjutnya akan diberitahu melalui SMS pada hari Kamis.


Kamis, 4 April 2013 saya mendapatkan SMS yang memberitahukan bahwa saya lolos tahap tes tertulis PT PTI dan berhak mengikuti tahap selanjutnya yaitu psikotes lengkap pada hari Sabtu, 6 April 2013 dan tempatnya masih sama dengan tes sebelumnya. Saya langsung sms teman saya yang ikut tes tertulis, apakah dia mendapatkan sms atau tidak? ternyata dia tidak mendapatkan sms. Alhasil pada hari Sabtu saya berangkat sendirian. Sampai di gedung MM, saya tidak melihat orang yang dikenali huhuhuhuuuu. Baiklah, sendirian lagi. Tapi ketika mau dimulai, saya menemukan seseorang yang dikenali. Aaaahhh senangnya waktu itu, saya bertemu dengan Riva teman kuliah saya hehehee. Kali ini saya memilih tempat duduk dibaris kedua depan. Pada tes kali ini ada beberapa tahap. Pertama, kami diberikan kertas biodata untuk diisi sesuai dengan data pribadi. Setelah itu kami diberikan kertas lagi, dimana dalam kertas itu ada tulisan "saya........... " sebanyak 20 baris, kami harus melanjutkan kalimat tersebut sehingga dapat mendeskripsikan diri kami masing-masing. Setelah mengisi kertas itu, kami harus mengerjakan soal lain lagi. Saya lupa namanya apa, yang jelas ada beberapa bagian dan kami harus mengerjakannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan pada setiap bagiannya. Jika waktu telah habis, kami tidak diperbolehkan untuk melanjutkan pekerjaan. Kami harus lanjut pada bagian selanjutnya. Berbagai macam soal ada mulai dari pola gambar, verbal reasoning, bangun ruang tiga dimensi, deret, dan hitungan lainnya. Setelah itu, ada tes menggambar yaitu wartegg tes,  menggambar pohon dan orang. Pada tes ini kami hanya diperbolehkan untuk menggunakan alat tulis pensil HB saja. Semua tes ini selesai pada pukul 12 kurang dan kami dipersilahkan untuk istirahat, solat dan makan. Untuk makan siang pihak PTI sudah menyiapkan konsumsi (terima kasih PTI :D). Tes dilanjutkan pada pukul 13.00 WIB.


Tes selanjutnya yaitu EPPS, tes ini lebih kepada karakter dari diri sendiri. Aada 225 pasangan pernyataan dimana kami disuruh untuk memilih disetiap butir pernyataan itu mana yang paling cocok atau mendekati dengan diri masing-masing. Dalam menjawab EPPS ini, disarankan jangan terlalu lama dipikirkan mengingat banyak pernyataan yang harus dijawab dan waktu yang disediakan itu sebentar. Setelah EPPS kami diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan. Dalam kertas tertulis ini merupakan interview tertulis dari PTI. Beberapa soal yang masih saya ingat adalah apa kelebihan dan kekurangan kita, apa yang diketahui tentang PTI, posisi apa yang diminati, hal apa saja yang akan dilakukan jika diterima di PTI, saran apa yang diberikan kepada PTI dan berapa gaji yang diinginkan. Tes ini selesai sebelum pukul 15.00 WIB. Seperti biasa pengumuman peserta yang lolos akan diberitahu melalui SMS 2 minggu kemudian.


Jika lolos, peserta akan masuk pada tahap selanjutnya yaitu wawancara psikologi dan direksi. Sampai hari ini belum ada pemberitahuan untuk saya. Semoga saya mendapatkan yang terbaik :) Amiiin


Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat :)

*Persiapan yang paling ampuh sebelum psikotes adalah tidur yang cukup :)


5 komentar:

  1. kalo waktu interview tertulis ini, posisi yg kita minati diganti, boleh gk yaa? kmrn saya ngisi 2 posisi di layer 1 (accounting & finance, sama internal audit klo gak salah). Tapi pas lihat temen yg lain ngisi posisi layer 2 jg, saya malah ngikut mereka.. jd saya ngisi 3 posisi, 2 layer 1 dan 1 lagi layer 2. padahal saya hanya berminat di 2 posisi layer 1 itu.. hehee.. terimakasih :)

    BalasHapus
  2. terima kasih infonya :) sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  3. wah thanks banget mb infonya, dateng di saat yg tepat
    lumayan buat prepare :)

    BalasHapus